Proses pembelajaran akan efektif, jika komunikasi dan interaksi
antara guru dengan siswa terjadi secara intensif. Guru dapat merancang
model-model pembelajaran sehingga siswa dapat belajar secara optimal.
Guru mempunyai peran ganda dan sangat strategis dalam kaitannya dengan
kebutuhan siswa. Peran dimaksudkan adalah guru sebagai guru, guru
sebagai orang tua, dan guru sebagai sejawat belajar.
Proses pembelajaran akan efektif, jika komunikasi dan interaksi
antara guru dengan siswa terjadi secara intensif. Guru dapat merancang
model-model pembelajaran sehingga siswa dapat belajar secara optimal.
Guru mempunyai peran ganda dan sangat strategis dalam kaitannya dengan
kebutuhan siswa. Peran dimaksudkan adalah guru sebagai guru, guru
sebagai orang tua, dan guru sebagai sejawat belajar.
1. Guru sebagai guru.
Pekerjaan utama guru adalah mengajar dan mendidik siswa siswa, yang
berusaha agar semua siswanya mampu menguasai ilmu pengetahuan dan
teknologi yang diajarkan dengan baik.
2. Guru sebagai orang tua.
Tempat mencurahkan segala perasaan siswa, tempat mengadu siswa ketika
mengalami gangguan. Siswa merasa aman dan nyaman ketika dekat dengan
guru, bahkan merasa rindu jika tidak bertemu guru. Interaksi guru dan
siswa bagaikan hubungan orang tua dan anak, hangat, akrab, harmonis, dan
tulus.
3. Guru sebagai teman.
Sebagai pasangan untuk berbagai pengalaman dan beradu argumentasi
dalam diskusi secara informal. Guru tidak merasa direndahkan jika siswa
tidak sependapat, atau memang pendapat siswa yang benar, dan menerima
saran siswa murid yang masuk akal. Hubungan guru dan siswa mengutamakan
nilai-nilai demokratis dalam proses pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar