Kamis, 24 Oktober 2013

PESTA DADUNG



http://www.ciremaipost.com/images/stories/pesta%20dadung2013.jpg
anak-ank gembala dan para petani menari dalam pesta dadung

Pesta Dadung.

Pesta Dadung merupakan Tradisi yang menjadi salah satu rangkaian acara dalam acara seren taun di Cigugur Kuningan. Acara adat ini biasa diadakan di sebuah tempat yang dinamakan Situ Hiang, lokasi tersebut berada di daerah Mayasih kecamatan Cigugur

Sesuai dengan namanya, acara ini dinamakan Pesta Dadung dikarenakan dalam tariannya menggunakan dadung ( tali pengikat kerbau/hewan ternak) tarian itu dilakukan oleh sekelompok anak dan orang-orang tua sambil memegang sebuah dadung sehingga membentuk sebuah lingkaran. Tarian tersebut melambangkan tarian tentang para petani dan anak-anak gembala yang bersukacita,menari sambil diiringi musik gamelan.

Selain itu dalam acara pesta dadung juga diadakan prosesi pembuangan hama secara simbolik yang terdiri dari hewan-hewan seperti; tikus, burung,serangga, serta hewan hewan lain yang dianggap sebagai hama perusak tanaman pertanian. Dari prosesi tersebut para petani berharap tanaman mereka tidak lagi diganggu oleh hama perusak.

Diakhir acara setelah prosesi pembuangan hama diadakan pawai kentongan bersama warga-warga dari lokasi pesta dadung di Situ Hiang kembali menuju paseban dimana sebagai pusat tempat acara seren taun. Demikian acara pesta dadung yang biasa di laksankan Sebelum acara puncak seren Taun di Kecamatan Cigugur kabupaten Kuningan, Jawa barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar