Sabtu, 28 September 2013

PERSIAPAN SEREN TAUN 2013

Seren Taun
para penari sedang melakukan latihan tari yang akan dipentaskan pada acara Seren Taun
Menyambut pelaksanaan Upacara Adat Seren Taun, Panitia telah disibukan dengan berbagai persiapan prosesi acara tersebut. Tradisi yang rutin di gelar setiap tahun ini di pusatkan di Gedung Cagar Budaya Nasional Paseban Kecamatan Cigugur. Upacara Adat Seren Taun adalah upacara adat  masyarakat agraris Sunda untuk memanjatkan syukur kepada Sang Pencipta atas berkah yang telah diperoleh.
Upacara adat Seren Taun yang akan dilaksanakan pada tgl 22 Rayagung 1946 Saka, atau bertepatan dengan tgl.27 Oktober 2013 (Masehi ), merupakan kebudayaan asli sunda yang menampilkan tentang kearifan lokal dalam menjaga tradisi dan adat istiadat suku sunda.
Panitia Seren Taun, dan semua warga sekitar terlibat dalam mempersiapkan acara seren taun,  kesibukan ini terjadi di beberapa lokasi di Cigugur, baik itu pria, wanita, orang tua maupun anak-anak, semuanya sibuk. Pasalnya, pihaknya akan menggelar upacara adat Seren Taun. Kaum bapak dan pemuda sibuk dengan mempersiapkan kembali berbagai macam hasil bumi, alat musik daerah, sedangkan kaum ibu dan pemudi sibuk dengan mempersiapkan berbagai macam makan, seperti nasi tumpeng. Semuanya itu akan diarak dari menuju pusat acara Upacara Adat Seren Taun.
 Pada pementasan seni tradisional Seren Taun akan di tampilkan tarian adat Cigugur-Kuningan, yaitu Tari Buyung, Pertunjukan Angklung Baduy, pertunjukan ‘kaulinan barudak’, pertunjukan Angklung Buncis, prosesi Ngajayak dan masih banyak lagi. Nah pada posesi ngajayak, beberapa pasang muda-mudi berjalan menuju depan Gedung Cagar Budaya sambil membawa hasil bumi seperti padi, jagung, sayur, dan buah-buahan. Dan sekelompok anak kecil menari dan menyanyi mengelilingi tugu dan tiang bendera yang berada di depan Gedung Cagar Budaya.
 Upacara Adat Seren Taun bakal melibatkan ribuan masyarakat yang turut hadir menjadi panitia, peserta seren taun, tamu undangan maupun yang hanya menjadi penonton. Karena selain dari daerah Kuningan, akan dihadiri oleh kalangan tokoh masyarakat dari Indramayu, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, dan Banten. Bahkan dikabarkan bakal hadir wisatawan asing dari negeri “paman sam” Amerika Serikat. (MDS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar