SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ............................
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : V
Semester : 1
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Memahami
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1. Medeskripsi-kan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
§ Pengertian NKRI
§ Dasar hukum bentuk NKRI.
§ Otonomi daerah dan
hubungan luar negeri.
§ Pemerintahan dan
pemilihan kepala negara.
|
§ Membaca uraian
pengertian NKRI.
§ Bertanya jawab tentang
isi uraian.
§ Berdiskusi tentang
bentuk Indonesia sebagai negara kesatuan.
§ Berdiskusi tentang
satuan daerah otonom dalam NKRI.
§ Berdiskusi tentang
hubungan daerah otonom dengan NKRI.
§ Menjelaskan hak daerah
otonom dalam mengadakan hubungan luar negeri.
§ Menceritakan pengetahuan
individual tentang pemilihan umum.
§ Berdiskusi tentang
hubungan NKRI dan pemilihan umum
|
§ Menjelaskan pengertian
NKRI
§ Menyebutkan dasar hukum
NKRI.
§ Menjelaskan satuan
daerah otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan tentang
hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
§ Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan
pengaruhnya terhadap NKRI.
|
§ Diskusi kelompok
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja
(hasil diskusi).
|
§ NKRI adalah ....
§ Indonesia merupakan
negara berbentuk ....
§ Satuan daerah otonom
dalam NKRI misalnya ....
§ Indonesia memiliki
bentuk negara kesatuan karena ....
§
§ NKRI perlu mengadakan
Pemilihan Umum untuk ....
|
4 x 35
menit.
|
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hlm. 1—3 .
§ Orangtua.
§ Teman.
§ Pengalaman siswa, dst.
|
§ Keberadaan NKRI.
|
§ Membaca uraian di buku
teks tentang keberadaan NKRI.
§ Memperhatikan gambar
peta Indonesia.
§ Menjelaskan batas utara,
selatan, timur, dan barat NKRI.
§ Bertanya jawab tentang
fungsi deskripsi garis lintang dan bujur dalam menjelaskan letak negara.
§ Menyebutkan derajat lintang dan bujur NKRI
dan bagian-bagian wilayahnya (darat, laut, udara).
§ Berdiskusi tentang
fungsi wilayah daratan NKRI.
§ Berdiskusi tentang
fungsi wilayah laut NKRI.
§ Berdiskusi tentang batas
landas kontinen suatu negara berdasarkan Konvensi PBB.
§ Berdiskusi tentang
fungsi wilayah udara NKRI.
|
§ Menunjukkan sisi utara
selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan
yang menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan posisi
lintang dan bujur NKRI.
§ Memahami tujuan
penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan fungsi
wilayah daratan NKRI.
§ Menjelaskan fungsi
wilayah laut NKRI.
§
§ Menjelaskan fungsi
wilayah udara NKRI.
|
§ Diskusi kelompok
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
|
§ Batas utara NKRI adalah
....
§ Batas selatan NKRI adalah ....
§ Batas barat NKRI adalah
....
§ Batas timur NKRI adalah
....
§ Indonesia terletak di
... derajat ...
§ sampai ... derajat ...,
dan ... derajat ...
§ sampai ... derajat ....
§ Fungsi wilayah daratan
NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah laut NKRI
adalah ....
§ Fungsi wilayah udara
NKRI adalah ....
§ Zona Ekonomi Eksklusif
adalah ....
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V
(Lima)
Semester :
I (Satu)
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.1. Medeskripsikan
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
A. Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat mengetahui batas
utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
§ Siswa dapat mengetahui luas
wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya.
§ Siswa dapat memahami tujuan
penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Siswa memahami fungsi wilayah
darat NKRI.
§ Siswa memahami fungsi wilayah
laut NKRI.
§ Siswa memahami fungsi wilayah
udara NKRI.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ Batas wilayah NKRI, luas
wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas
fisik NKRI.
§ Fungsi wilayah darat, laut,
dan udara NKRI.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk
mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru dan siswa bertanya jawab
tentang fungsi peta dunia.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang
besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.
F Guru menjelaskan batas-batas utara,
selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menunjuk batas-batas tersebut pada
peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat.
F Guru menyiapkan kelas diskusi.
F Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan
batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru.
F Siswa menceritakan hasil diskusi secara
bergiliran
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
– Siswa dan guru bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui
pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Siswa dan guru membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
– Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru dan siswa bertanya jawab
tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman naik pesawat
terbang.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru dan siswa bertanya jawab secara
general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3
kelompok atau kelipatannya.
F Guru mengundi topik darat, laut, atau
udara untuk semua kelompok.
F Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka
dapatkan.
F Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan
di depan teman-teman.
F Teman-teman dari kelompok lain menanggapi
hasil diskusi kelompok teman.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Peta dunia.
§ Gambar/foto tempat-tempat
indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara.
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan pengertian NKRI
§ Menyebutkan dasar hukum NKRI.
§ Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan
NKRI
§ Menjelaskan
fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI.
§ Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI,
serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
§ Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.
|
§ Diskusi
kelompok
§ Diskusi
kelompok
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan
keterlibatan dalam diskusi).
|
§ NKRI adalah ....
§ Indonesia merupakan negara berbentuk ....
§ Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
§ Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
§ NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk ....
§ Batas utara NKRI adalah ....
§ Batas selatan
NKRI adalah ....
§ Batas barat NKRI adalah ....
§ Batas timur NKRI adalah ....
§ Indonesia terletak di ... derajat ...
§ sampai ... derajat ..., dan ... derajat ...
§ sampai ... derajat ....
§ Fungsi wilayah daratan NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah laut NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah udara NKRI adalah ....
§ Zona Ekonomi Eksklusif adalah ....
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar